Manfaat Oyong

Mengenal Oyong - Sering kali kita menemukan berbagai tanaman tanpa tau apa namanya dan juga bagaimana mengolahannya. Nah bagi ibu - ibu pastilah sudah tau tanaman yang satu ini , Oyong. Tanaman sayuran ini biasa disebut juga gambas, emes atau kimput (Sunda) dan timput (Palembang).


Bagian oyong yang dapat dikonsumsi adalah buahnya, Sedangkan kegunaan lainnya adalah serat bunga karangnya ( bagian dalam buahnya yang tua ) digunakan untuk sabut , daun oyong juga bisa digunakan untuk lalapan dan juga bisa digunakan sebagai olahan botok atau gulai.

Cara memilih oyong yang baik adalah yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, cukup keras saat ditekan dan kulit luarnya mulus. Oyong merupakan sayuran yang memiliki serat cukup tinggi, mengandung sedikit kabohidrat, protein dan lemak sehingga cocok dikonsumsi pelaku diet.

Manfaat lain dari oyong adalah untuk memperlancara peredaran darah, melancarkan air seni, anti radang, mengobati demam, batuk, melancarkan haid, rematik dan menyembuhkan luka.

Oke, begitu teman manfaat dari sayuran oyong , dan pastilah untuk pandai - pandai memilih olahan yang tepat untuk masakan oyong ya.. Terima kasih sudah membaca  ^^

image source : vaninaseven

Tidak ada komentar:

Posting Komentar