Tips Hindari Penyakit Pasca Letusan Gunung Berapi 2014

Tips Hindari Penyakit Pasca Letusan Gunung Berapi 2014 - Berkaitan dengan erupsi gunung berapi Kelud di Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama menyampaikan 6 penyakit yang harus diwaspadai akibat letusan gunung berapi.

Sebut saja Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), Infeksi Saluran Pernafasan Bawah (pneumonia dan bronkhitis), alergi, radang atau iritasi pada mata.

Berikutnya alergi, infeksi atau iritasi pada kulit. Lalu gangguan saluran pencernaan. Terakhir, perburukan dari penyakit kronik baik karena daya tahan tubuh yang turun maupun karena stress atau lalai makan obat.

“Secara umum, dampak letusan gunung berapi adalah debu vulkanik dan gas yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit, mata dan saluran pernafasan”, ujar Prof. Tjandra.

Maka itu dia menerangkan 7 langkah pencegahan yang perlu diketahui masyarakat untuk mencegah penyakit akibat letusan gunung berapi.

1) Hindari keluar rumah bila tidak memiliki keperluan
2) Bila terpaksa keluar rumah, gunakan pelindung seperti helm dan masker
3) Menutup sarana air atau sumur gali terbuka dan penampungan air yang terbuka agar tidak terkena debu
4) Mencuci dengan bersih semua makanan, buah, sayur
5) Segera cari pengobatan ke sarana pelayanan kesehatan bila terdapat keluhan kesehatan seperti batuk, sesak nafas, iritasi pada mata dan kulit
6) Bagi masyarakat yang memiliki penyakit kronik, pastikan obat rutin harus selalu  dikonsumsi
7) Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Sumber: TRIBUNNEWS.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar