Pengenalan Pemodelan Iklan Online

Pengenalan model Iklan Online - Iklan  merupakan  bentuk  komunikasi  berbayar yang  bersifat  non-personal  yang  bertujuan  untuk memberi  informasi  tentang  sebuah  organisasi, produk,  layanan,  atau  ide  dari  sebuah  sponsor tertentu. Beberapa  model  bisnis  yang  tercipta  dengan memanfaatkan  internet  telah  diterapkan.  Dua contoh modelnya  ialah  Business  to  Business  dan Business  To  Customer


Model  pertama  ialah Business to Business, sering disingkat menjadi B2B. Model  ini  memanfaatkan  internet  sebagai  sarana penghubung  antar  perusahaan.  Dengan  model  ini, sebuah  perusahaan  dapat  berbagi  informasi  yang berguna dengan  perusahaan  lain.  Misalnya, produsen  pelumas  bekerja  sama  dengan  produsen parfum  mobil  untuk  meningkatkan  penjualan mereka  dengan  cara  saling  bertukar informasi  via internet.

Model  bisnis  yang  kedua  ialah  Business  to Customer. Business To Customer atau lazim disebut B2C  merupakan  penerapan  internet  sebagai penghubung  perusahaan  dengan  konsumennya. Misalnya,  sebuah  produsen  pelumas  kendaraan membuat  situs  web  mereka  yang  mencantumkan keterangan  tentang  produk  mereka  serta memungkinkan  pembelian  secara  online.  Fitur seperti  itu  dapat  memberikan  manfaat  bagi konsumen mereka maupun perusahaan itu sendiri.

Iklan  online  memiliki  kelebihan  dibandingkan iklan  pada  media  lain.  Kelebihan  tersebut  ialah adanya  kontrol  yang  lebih  besar  pada  konsumen dalam  menentukan  informasi  apa  yang  ingin mereka  lihat  serta  berapa  lama  mereka  ingin melihat  informasi  tersebut.  Seorang  pengguna internet  sebagai  konsumen  dapat  memilih  situs mana  yang  mereka  suka,  situs  apa  yang  akan mereka  buka  selanjutnya,  serta  keputusan - keputusan  lain  yang  dapat  mereka  tentukan  pada saat  mereka  menggunakan  internet.  Hal  tersebut lebih  sulit  dilakukan  pada  media  lain,  misalnya televisi atau radio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar