Pengenalan model Iklan Online - Iklan merupakan bentuk komunikasi berbayar yang bersifat non-personal yang bertujuan untuk memberi informasi tentang sebuah organisasi, produk, layanan, atau ide dari sebuah sponsor tertentu. Beberapa model bisnis yang tercipta dengan memanfaatkan internet telah diterapkan. Dua contoh modelnya ialah Business to Business dan Business To Customer.
Model pertama ialah Business to Business, sering disingkat menjadi B2B. Model ini memanfaatkan internet sebagai sarana penghubung antar perusahaan. Dengan model ini, sebuah perusahaan dapat berbagi informasi yang berguna dengan perusahaan lain. Misalnya, produsen pelumas bekerja sama dengan produsen parfum mobil untuk meningkatkan penjualan mereka dengan cara saling bertukar informasi via internet.
Model bisnis yang kedua ialah Business to Customer. Business To Customer atau lazim disebut B2C merupakan penerapan internet sebagai penghubung perusahaan dengan konsumennya. Misalnya, sebuah produsen pelumas kendaraan membuat situs web mereka yang mencantumkan keterangan tentang produk mereka serta memungkinkan pembelian secara online. Fitur seperti itu dapat memberikan manfaat bagi konsumen mereka maupun perusahaan itu sendiri.
Iklan online memiliki kelebihan dibandingkan iklan pada media lain. Kelebihan tersebut ialah adanya kontrol yang lebih besar pada konsumen dalam menentukan informasi apa yang ingin mereka lihat serta berapa lama mereka ingin melihat informasi tersebut. Seorang pengguna internet sebagai konsumen dapat memilih situs mana yang mereka suka, situs apa yang akan mereka buka selanjutnya, serta keputusan - keputusan lain yang dapat mereka tentukan pada saat mereka menggunakan internet. Hal tersebut lebih sulit dilakukan pada media lain, misalnya televisi atau radio.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar