Mengenal Objek dan Kelas - Belajar OOP

Mengenal Objek dan Kelas - Dalam dunia pemrograman kita pasti tidak asing dengan istilah OOP ( Object Oriented Programming ). bagi yang belum tau apa itu OOP, tembem akan beri sedikit gambaran.. Singkatnya Pemrograman berbasis Objek adalah cara berfikir dan berlogika dalam menghadapi suatu masalah-masalah yang akan diatasi dengan bantuan komputer.

Nah dalam pengimplementasiannya sendiri, OOP tidak bisa lepas dari entitas yang terdapat didalamnya yaitu sebuah objek dan kelas. Nah mungkin banyak dari teman yang masi bingung apa sih perbedaan objek dan juga kelas, nah mari kita sharing bersama..

Objek adalah orang, tempat, benda, kejadian, atau konsep - konsep yang ada didunia nyata yang mempengaruhi aplikasi. Wah mungkin masih bingung, tapi singkatnya objek adalah sesuatu hal penting yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari yang dapat diimplementasikan dalam komputerisasi.

Dalam objek sendiri, biasanya terdapat suatu entitas, contohnya adalah ada seorang gadis cantik, itu adalah objek nyata, sedangkan gadis cantik yang memiliki rambut panjang, kuku indah, dan kulit putih adalah itu disebut sebagai attribut.

Kelas adalah pengelompokan dari objek-objek yang dianggap memiliki kesaamaan atau identitas tertentu yang serupa. contoh dari kelas sendiri adalah ada banyak gadis cantik, tetapi ada gadis cantik yang berkulit putih dan juga hitam, maka secara otomatis terjadi pengelompokkan gadis cantik berdasarkan warna kulit.
dengan demikian terbentuklah kelas gadis warna hitam dan gadis dengan warna putih,  nah itulah yang disebut dengan kelas.

Oke mudah-mudahan dengan ini bisa membantu teman membedakan antara objek dan kelas dalam pemroggraman berbasis OOP. terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar