Metode Kriteria Konsensus

Apa itu Metode Kriteria Konsensus ?

Metode Kriteria Konsensus adalah pendekatan yang disederhanakan utuk pemilihan dari sebuah pilihan berdasarkan beberapa kriteria. Ini dimulai dengan suatu matriks dimana pilihan berbeda dibawah pertimbangan ditempatkan dalam baris dan kriteria yang digunakan dan ditujukan dalam kolom. Kriteria tersebut diberi bobot oleh tim menggunakan aturan keputusan konsensus. 

Contoh metode konsensus, jika kriteria #1 diberikan suatu bobot sebesar 3 dan kelompok setuju menerima kriteria #2 adalah dua kali pentingnya, maka kriteria #2 akan menerima bobot sebesar 6. Cara lain untuk melakukan pemberian bobot adalah dengan memberi tim $1 dan membiarkan mereka "membelanjakan" uangnya pada berbagai kriteria. nilai hasil dialokasikan pada setiap kriteria merupakan bobotnya. kelompok tersebut kemudian memperingkat urutan pilihan berdasarkan setiap kriteria. Peringkat di beri tanda bahwa pilihan yang paling memenuhi kriteria mendapat peringkat tertinggi; contoh jika ada lima pilihan yang sedang dipertimbangkan untuk kriteria tertentu, pilihan yang paling memenuhi kriteria diberikan peringkat 5. Pilihan kemudian diprioritaskan dengan menambah peringkat pilihan lain untuk setiap kriteria dikalikan dengan bobot kriteria.

Nah itu dulu belajarnya ya teman, karena saya sendiri juga masi belajar tentang Metode Kriteria konsensus  , jadi semoga sharing ini bermanfaat bagi kalian semua..  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar