Cara Membuat Daftar Isi di Blogspot

Cara Membuat Daftar Isi pada Blogspot - hay teman, kali ini tembem akan memberikan tutorial singkat cara membuat daftar isi atau yang sering disebut dengan sitemap pada blogspot teman sekalian.. Pertama-tama kita harus mengerti apa itu daftar isi atau sitemap.


Dikutip dari sitemaps.org pengertian sitemap / peta situs adalah :
Sitemaps are an easy way for webmasters to inform search engines about pages on their sites that are available for crawling. In its simplest form, a Sitemap is an XML file that lists URLs for a site along with additional metadata about each URL (when it was last updated, how often it usually changes, and how important it is, relative to other URLs in the site) so that search engines can more intelligently crawl the site.
nah itu dia pengertian sitemap, kalo saya boleh bantu terjemahkan , secara singkat sitemap adalah cara termudah bagi webmasters memberitahukan kepada mesin pencari bahwa situs / blog yang bersangkutan dapat di crawling ( di index : CMIIW  :P  ).

langsung aja kita mulai, cara membuat daftar isi / peta situs blogsopot :

1. Langkah pertama, kita login blogspot kita . .   ( pasti dah tau caranya kan  )
2. Setelah masuk tampilan dashboard pilih menu laman atau yang sering disebut page
3. Lalu kita pilih Laman baru, loh kenapa pilih laman baru ? karena sitemap / daftar isi lebih baik dibuatkan halaman baru, agar lebih mudah di akses dan juga terlihat baik di mata search engine.

4. Saat memilih laman baru akan ada 2 pilihan optional, yaitu laman kosong dan alamat web. Nah teman pilih yang laman kosong ya, agar terbuat page baru.

5. Setelah tampilan page baru muncul seperti tampilan saat kita post, beri judul laman tersebut.. semisal daftar isi , oh iya perlu teman ketahui judul menentukan alamat link page jadi kalo bisa kasi judul yang sewajarnya.. klo di blog tembem seperti ini http://blogtembem.blogspot.com/p/daftar-isi.html

6. pada laman post, pilih HTML  , dan coba masukkan kode berikut :
<script src="http://me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript">
    </script>
    <script src="http://www.blogtembem.blogspot.com//feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
    </script>
 note : yang saya beri warna orange , tolong teman ganti dengan alamat blog temen sendiri.
 faq : code apa itu ? itu adalah script untuk memanggil sitemap dan feed post pada blog teman sekalian.

7. Sekarang tinggal teman publishkan laman daftar isi yang baru dibuat, dan coba lihat hasilnya..

Oke, sudah berhasilkan dengan cara membuat daftar isi / sitemap di blogspot.. Maap kalo tulisan dari saya sedikit blepotan , karna saya rangkum sendiri tutorialnya agar lebih enak dibaca teman-teman.. Jangan lupa baca tulisan lain dari blog tembem ini ya..  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar