Mengenal Anterior Cruciate Ligament

Ligamen Anterior Cruciate Ligament - tanpa sadar kita sering melakukan banyak kegiatan sehari-hari yang menuntut aktifitas tinggi menggunakan kaki kita. Nah pada kondisi tertentu kita pasti akan merasakan sakit yang berbeda disepanjang kaki. Salah satu yang cukup sering terjadi terutama bagi para sportsman adalah cedera pada bagian persendian. Dalam kasus persendian, lututlah yang paling sering mendapat dampak atau selalu mendapat beban lebih berat dalam menopang tubuh. Dan kasus yang sering terjadi adalah robeknya salah satu jaringan ligamen pada sendi lutut.



Lalu apa itu ACL ( Anterior Cruciate Ligament ) ?? , ACL adalah salah satu dari empat ligamen penting untuk stabilitas sendi lutut. Ligamen sendiri terbuat dari bahan berserat keras dan berfungsi untuk mengontrol gerakan berlebihan dengan membatasi mobilitas sendi. Dari empat ligamen utama lutut, ACL adalah yang paling sering mengalami cedera.

Fungsi Anterior cruciate ligament adalah penahan utama dalam meneruskan gerakan tulang kering (tibia). Anatomi sendi lutut sangat penting untuk memahami hubungan ini. Femur (tulang paha) duduk di atas tibia (tulang kering ), dan sendi lutut memungkinkan gerakan di persimpangan tulang-tulang ini. Tanpa ligamen untuk menstabilkan lutut, sendi tidak akan stabil dan rentan terhadap dislokasi. ACL mencegah tibia tergelincir terlalu jauh ke depan.

ACL juga berkontribusi sebagai stabilitas gerakan lain di sendi termasuk angulasi dan rotasi pada sendi lutut. ACL melakukan fungsi ini sebagai penghubung femur pada salah satu ujungnya, dan tibia di sisi lain. Ligamen lain yang terdapat pada lutut adalah osterior cruciate ligament (PCL), and the medial collateral ligaments ( MCL ) and lateral collateral ligaments ( LCL ).

Ok sekian sekilas pembelajaran tentang persendian pada lutut, oh iya jika teman mengalamai cedera pada lutut jangan dianggap remeh ya, karena jika salah satu ligamen kita mengalamai cedera ada baiknya kalian segera konsultasi ke dokter spesialis terdekat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar