Pengertian dan Fungsi ISP ( Internet Service Provider )

Pengertian dan Fungsi ISP ( Internet Service Provider ) - Perkembangan jaringan komputer dan internet saat ini sudah begitu meluas. Penggunaan internet memang bisa dikatakan menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk sebagian orang. Dengan adanya akses internet, siapapun dapat mengakses konten yang sesuai dengan keinginannya. Akan tetapi, untuk dapat menikmati konten yang ada di dalam internet, kita harus menghubungkan sebuah koneksi agar dapat tersambung dengan internet.
ads

Nah, cara untuk mendapatkan koneksi internet adalah dengan berlangganan pada sebuah Internet Service Provider atau disingkat ISP. Di sini kita akan bahas mengenai ISP berikut ini.

Pengertian ISP
Dalam bacaan yang disinggung di awal kalau ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider. Apabila diartikan secara kata perkata, maka Internet adalah media komunikasi dan informasi yang berbasis online, Service adalah layanan yang diberikan oleh seseorang, dan Provider adalah penyedia jasa atau pemberi layanan berupa jasa.

Arti lain dari ISP ini adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan sambungan internet. Pada sebuah jaringan ISP, jaringannya terhubung ke internet menggunakan ISP negara lain. Contohnya, ISP Amerika, ISP Hongkong, ISP Singapura, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri, ISP kadang dijuluki dengan sebutan PIJI atau atau singkatan dari Penyelenggara Jasa Internet.

Penyelenggara atau bisa disebut juga sebagai pemilik adalah perusahaan-perusahaan besar yang bergerak pada bidang telekomunikasi. Pada umumnya, perusahaan yang menyediakan layanan internet merupakan perusahaan penyedia layanan telepon. Hal ersebut disebabkan adanya keterikatan antara kedua bidang usaha ini. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah untuk menjalankan kedua usaha secara berbarengan.

Fungsi ISP ( Internet Service Provider )
Pada umumnya, Internet Service Provider memiliki fungsi dasar sebagai Penyedia layanan sambungan internet. Apabila dijabarkan lebih rinci, maka fungsi ISP dalam jaringan internet adalah sebagai berikut.

  1.     Sebagai jembatan pengguna dengan layanan internet sehingga pengguna dapat dengan mudah terhubung dengan jaringan.
  2.     Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet
  3.     Penghubung komputer client ke bagian gateway internet terdekat
  4.     Penyedia modem sebagai sambungan dial-up
  5.     menghubungkan pengguna ke dalam layanan informasi World Wide Web atau disingkat “WWW”.
  6.     Pengguna dapat menggunakan layanan surat elektronik atau biasa disebut e-mail.
  7.     Pengguna dapat melakukan komunikasi menggunakan Internet.
  8.     Dapat melalukan perlindungan atas peneyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus pada pelanggannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar